Its All About Aulia Preference

Sabtu, 04 Maret 2017

Cara Mengatasi Alergi Dingin

Biduran atau alergi dingin 

Hasil gambar untuk cara mengatasi alergi dingin




Bagi sobat-sobat sekalian, jangan remehkan penyakit satu ini. Meskipun dianggap tidak berbahaya, tidak meninggalkan bekas sehabis sembuh, tetapi dalam beberapa kasus biduran menyebabkan kematian ketika di saat yang sama terjadi Angioedema atau kondisi Utikaria
yang mengenai lapisan bawah kulit dan mukosa kemudian mengenai saluran pernafasan sehingga si penderita sulit bernafas dan menyebabkan kematian.
Secara sederhana biduran terjadi ketika sel darah melepas histamine dan zat-zat lainnya hingga menyebabkan bocornya cairan dari pembuluh darah kecil di bawah kulit. Cairan inilah kemudian membentuk benjolan dan menggumpal di bawah kulit. Hasil penelitian sementara menyatakan 80% penyebab biduran tidak diketahui. Tapi secara umum disebabkan cuaca dingin sehingga alergi atau siklus cuaca ekstrem.
Udara dengan suhu rendah akan menimbulkan rasa dingin, sehingga menggunakan pakaian yang tebal agar tubuh tidak kedinginan. ternyata suhu dingin bukan hanya akan menyebabkan tubuh kedinginan saja tetapi juga bisa menimbulkan respon tubuh berlebihan.

Gejala Alergi Dingin (Urtikaria Dingin) :

1.Pembengkakan, bisa terjadi pada tangan apabila menyentuh benda yang dingin.
2. Bentol di permukaan kulit, respon tubuh yang paling umum dikarenakan alergi dingin ialah bentol ada permukaan kulit yang diawali dengan sedikit lalu lama kelamaan akan semakin bertambah banyak. bahkan bentol merah bisa ke seluruh tubuh dan menyebabkan gatal gatal .
3. Mulut membengkak apabila benda dingin atau asupan makanan dan minuman menyentuh bibir.
4. Ada pun perubahan pada kulit yang bisa lebih merah sehingga sangat jelas sekali terlihat.
Jika kondisi alergi dingin (Urtikaria) yang parah maka bisa memberikan dampak lebih buruk dari yang telah disebutkan diatas. Seperti sesak nafas yang dikarenakan pembengkakan pada lidah maupun pada tenggorokan. bahk

Obat Alergi Dingin atau Biduran

Sobat sekalian, bila alergi dingin dan mengalami biduran, segera atasi dengan minum obat antibiotic seperti penicillin, sulfa dan tetrasiklin, obat penghilang rasa sakit, obat antihestamin, serta aspirin. Memakai baju tebal untuk tameng cuaca dingin agar kulit tidak alergi atau beristirahat di rumah untuk sementara menghindari cuaca dingin.
Di samping itu juga dianjurkan untuk berada di ruangan hangat, atau bila perlu dekat api unggun atau mandi air hangat ketika pagi atau sore. Hal tersebut menghindari kulit sobat-sobat sekalin alergi terhadap dingin. So, sebelum terlambat, cegahlah dengan menerapkan hal-hal tersebut.

Obat Alergi Dingin Tradisional

Bila alergi dingin terjadi, dan menimbulkan penyekit tertentu seperti biduran, jangan tunggu lama. Di samping obat generic yang dijual di apotik, sobat juga bisa memanfaatkan obat alami tradisonal yang tumbuh di sekitar rumah. Seperti berikut:

  • Obat Alergi Gatal dari Asam
Asam jawa dicampur dengan rimpang temulawak danair 2 gelas dan gula aren secukupnya. Caranya, semua bahan direbus dalam air hingga tersisa 1 gelas, air rebusannya disaring kemudian diminum.
Obat alergi gatal dari akar jombang
Bahan alami lainnya adalah dengan merebus sekitar 30 sampai 40 gram akar jombang dalam air 400 cc hingga tinggal 200 cc. Hasil air rebusan diminum dalam keadaan hangat. Bisa juga dengan merebus 40-65 gram akar Rosa Multifona Thumb dalam air 400 cc hingga tinggal 200 cc, air hasil rebusannya diminum sebanyak 2 kali sehari.
  • Obat alergi gatal dari tanaman leunca
Bahan alami lainnya adalah tanaman Leunca ditumbuk sampai halus tanpa disertai akarnya. Setalah ditumbuk sampai halus, oleskan di kulit hingga hijau oleh Launca sebanyak 3 kali sehari.
  • Obat alergi gatal dari daun sirih
Sobat dapat memanfaatkan 25 lembar daun sirih, 25 lembar daun ketepeng, kemudian direbus dalam air mendidih sebanyak 1000 cc sampai mendidih. Kemudian air rebusan disaring dan didinginkan. Lalu air tersebut digunakan untuk mengompres bagian yang terkena biduran.

  • Olesi dengan minyak kayu putih atau bedak salicyl
Minyak kayu putih atau bedak salicyl akan membantu meringankan rasa gatal pada kulit karena biduran atau alergi.
dan ada juga yang kehilangan kesadaran apabila alergi dingin terjadi.

Cara Mengatasi Alergi Dingin

Jika memiliki alergi dingin maka lebih hati hati, dan selalu antisipasi dengan menggunakan pakaian yang hangat dan juga tebal. Apabila alergi dingin yang di miliki cukup sensitif sehingga apabila makan dan menyentuh benda bisa kambuh juga perlu hati hati juga. hindari makanan yang dingin dan begitu pun pada minuman yang dingin agar alergi dingin tidak kambuh.
Apabila alergi dingin sudah terjadi, maka langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi alergi dingin (Urtikaria) ialah dengan menggunakan pakaian hangat atau pun selimut. Mengatasi alergi dingin juga bisa dengan minum minuman yang hangat seperti dari jahe merah sehingga tubuh langsung hangat dengan cepat, dan alergi dingin (Urtikaria) akan segera berakhir. Untuk penyembuhan alergi dingin secara total belum bisa dilakukan tetapi bisa mencegahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar